Minggu, 18 Maret 2012

bimbingan dan konseling belajar


Yuk, bikin rangkuman

Macam-macam masalah belajar yang tentu saja membuat kita sulit untuk menangkap materi yang telah disampakan oleh guru. Apabila kita mempelajari buku pelajaran yang banyak saat akan mengahadapi ulangan ataupun ujian, kita akan merasa berat dengan hal tersebut. Salah satu yang cukup efektif adalah dengan mebuat ringkasan. Cara ini akan mempermudah dalam mempelajari materi-materi. Apalagi saat akan menghadapi tes, itu akan membuat kita lebih mudah.
Pada dasarnya, membuat ringkasan merupakan bagian dari menceritakan kembali secara ringkas mengenai materi pelajaran yang telah dibaca. Oleh karena itu, sebelum membuat ringkasan harus didahului dengan kegiatan membaca. Jika kita membuat catatan pelajaran, banyak manfaat yang akan kita dapat, antara lain adalah :
1.      Menghemat waktu belajar. Apabila kita akan menghadapi ujian atau ulangan catatan bisa langsung kita baca. Dan tentunya waktu belajar akan lebih efektif karena kita hanya membaca dari catatan yang sudah kita tulis.
2.      Membantu diri mempersiapkan diri menghadapi tes.
3.      Dapat digunakan untuk mengukur diri sendiri, apakah anda telah menguasai bahan pelajaran.
Nah itu adalah manfaat dari kita membuat rangkuman. Membuat rangkuman merupakan ketrampilan yang mudah kita pelajari. Langkah yang bisa dilakukan dengan cara membaca materi yang akan kita pelajari, membaca uraian materi secara cermat, berilah tanda untuk catatan yang penting, mulailah menyusun ringkasan, dan menyusun ringakasan ke dalam suatu skema  yang akan membantu kita memahami pokok bahasan pelajaran. Membentuk catatan yang menarik juga akan membuat kita lebih semangat untuk belajar. Apabila cara yang kita pakai tepat maka kita akan lebih senang dan lebih nyaman untuk belajar, dan tentu saja kita akan mendapatkan hasil yang maksimal dari nilai yang kita dapat.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar