Senin, 19 Maret 2012

bimbingan dan konseling pribadi


Cara mengatasi rendah diri 
Rendah diri adalah perasaan menganggap terlalu rendah pada dirinya sendiri. Orang yang menganggap dirinya terlalu rendah dikatakan rendah diri. Orang yang rendah diri menganggap bahwa dirinya tidak mempunyai kemampuan, misalnya orang yang rendah diri adalah ada seorang siswa yang merasa dirinya paling bodoh karena nilai pelajaran metematikanya 5, padahal dia mempunyai kelebihan dalam bidang olahraga. Nah seperti itu contohnya. Kita tidak boleh merasa rendah diri.

Ciri-ciri orang yang rendah diri dapat dilihat dari tingkah lakunya, tingkah lakunya seperti selalu menyendiri dan menarik diri dari pergaulan, selalu ragu dalam bertindak, tidak mau bersaing positif.  Dan cara mengatasi nya adalah sebagai berikut:
1.     Terimalah kekurangan diri sendiri dengan lapang dada. Kita harus mengakui bahwa setiap manusia mempunyai kekurangan dan kelebihan.
2.     Carilah kelebihan yang anda miliki. Kelebihan yang anda miliki dapat anda kembangkan sehingga mejadi daya tarik untuk anda. Jika anda memiliki kelebihan anda akan terhindar ddari rasa rendah diri.
3.      Syukurilah bahwa Tuhan menciptakan menusia sebagai makhluk yang paling sempurna.

Bila kita bisa terhindar dari perasaan rendah diri maka kita akan mudah untuk bergaul. Dan tidak menutup diri dari orang lain.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar