Senin, 19 Maret 2012

Bimbingan dan konseling Karir


Kemana yaa selanjutnya?


Membaca judul itu tentu akan membuat galau anak-anak SMA ataupun SMK yaa. Hehehe. Apakah anda bingung untuk melanjutkan kemana? Yah makin bingung lagi ya. Hihihi

Banyak perguruan tinggi yang dapat dijumpai di Indonesia, dan jenis perguruan tingginya juga bermacam-macam. Ada akademi, politeknik, sekolah tinggi, institut, dan universitas. Berikut ini ada penjelasannya:

1.      Akademi merupakan pendidikan tinggi yang menyelenggarakan pendidikan terapan 1 cabang saja.
2.      Politeknik adalah pendidikan tinggi yang menyelenggarakan pendidikan terapan dalam sejumlah pengetahuan khusus.
3.      Sekolah tinggi merupakan pendidikan tinggi yang menyelenggarakan pendidikan akademik  dan profesional  dalam jurusan tertentu saja.
4.      Institut adalah pendidikan tinggi yang terdiri atas sejumlah fakultas yang menyelenggarakan pendidikan tertentu saja/ disiplin ilmu tertentu saja.
5.      Universitas adalah pendidikan tinggi yang terdiri atas sejumlah fakultas dari bermacam-macam disiplin ilmu.

Nah, kalau berdasarkan statusnya adalah perguruan tinggi negeri dan perguruan tinggi swasta. Apabila perguruan tinggi negeri itu yang mengelola adalah negara atau pemerintah. Sedangkan perguruan swasta yang mengelola adalah yayasan tetapi masih dalam naungan dari pemerintah. Kalau tentang jurusan yang akan dipilih kita harus mengetahui bakat dan minat yang harus dipertimbangkan. Salah pilih jurusan? Ih itu sudah bukan jamannya. Selain biaya untuk berganti jurusan yang mahal tetapi juga boros umur ya, banyak yang harus dipertimbangkan, nilai pun juga faktor penyebab kegalauan kita ya. Setelah kita lulus, pastinya akan semakin kita bingung. Coba rundingkan dan tanyakan kepada orang tua, itu salah satu alternatif yang bisa membantu.
Itu sedikit informasi yang dapat diberikan. Semoga bermanfaat :)

1 komentar:

  1. (email anda masuk spam)
    -artikel sumber dari mana? apabila dari anda sendiri tulisan oleh .....(nama anda)
    -judul blog buatlah mudah dipahami oleh pembacanya agar relevan dengan isinya

    BalasHapus