SATUAN LAYANAN
BIMBINGAN KONSELING
Kelas : X 1 SMA
Semester/Tahun : II / 2011-2012
Hari/tanggal : Senin, 12 Maret 2012
Alokasi
waktu : 1 x 45 menit
Tempat : Ruang kelas
Layanan : Bimbingan belajar
Bidang : Bimbingan pribadi dan sosial
Judul/Spesifikasi
Layanan : Belajar yang efektif
Fungsi
Layanan : Pemahaman dan pengembangan
A. Tujuan
(Khusus) : Siswa diharapkan bisa menerapkan cara belajar
yang
efektif.
B. Materi : Terlampir
C. Metode : Dinamika kelompok, diskusi
D. Kegiatan
awal : Mengucapkan salam, mengabsen, dan guru
menciptakan kelas
secara kondusif.
Kegiatan
Inti
Eksplorasi :
1. Guru
memberikan penjelasan tentang belajar yang efektif
2. Guru
menjelaskan pedoman permainan “mengatur waktu”
Elaborasi :
1. Guru
membentuk siswa dalam kelompok
2. Siswa
mengikuti pedoman permainan dan melaksanakan kegiatan permainan
Konfirmasi :
1. Guru memberikan pedoman diskusi tentang permainan yang telah dilaksanakan
Siswa mempresentasikan hasil diskusi
Siswa mempresentasikan hasil diskusi
Akhir :
1. Guru memberikan kesimpulan dari hasil diskusi siswa.
2. Guru memberikan harapan terhadap materi layanan yang telah diberikan
E. Alat dan media : Kertas, pulpen, LCD, Laptop
F. Rencana
penilaian dan
tindak lanjut :
Penilaian proses
Mengamati
perhatian, respon dan aktivitas siswa saat kegiatan layanan berlangsung.
Penilaian hasil :
·
Laiseg
Memberikan pertanyaan kepada siswa
secara acak
·
Laijapen
Memantau Perubahan siswa 1 minggu setelah
mendapat materi dari guru pembimbing
·
Laijapang
Perubahan sikap siswa selama 1 bulan
setelah mendapat materi dari guru pembimbing
Tindak lanjut :
G. Biaya
: Rp 3.000,- untuk kertas hvs
H. Sumber : http://whynasblog.blogspot.com/2010/07/cara-mengatur-waktu-belajar-secara.html
Mengetahui Temanggung,
12 Maret 2012
Kepala Sekolah Penyelenggara Layanan
(Ema
Rahmawati)
132010075
Lampiran 1
CARA MENGATUR WAKTU BELAJAR SECARA
EFISIEN
1. Petunjuk Menyusun Waktu Belajar
Secara Efisien
Agar kamu dapat menggunakan waktu
belajar secara efisien, kamu dapat mengikuti petunjuk di bawah ini!
1. Susunlah daftar kegiatan belajar
kamu. Kamu dapat menentukan kegiatan-kegiatan yang akan kamu lakukan pada hari
itu. Kegiatan tersebut mencakup kegiatan sekolah pada hari itu terutama
tugas-tugas yang harus diselesaikan di rumah dan kegiatan belajar lainnya.
Jenis kegiatan belajar di rumah mencakup kegiatan mengerjakan tugas sekolah dan
kegiatan belajar di rumah, yaitu mempelajari buku paket, menghafal buku
pelajaran, mengerjakan pekerjaan rumah, memindah catatan, membuat ringkasan
bahan pelajaran, mempersiapkan diri menghadapi ulangan, dan lain-lain. Setelah
kamu menentukan jenis kegiatan belajar, selanjutnya kamu menentukan prioritas
pelaksanaannya. Dari kegiatan terpenting berturut-turut sampai yang kurang
penting.
2. Menetapkan waktu belajar.
Masing-masing individu mempunyai kebiasaan belajar yang berbeda. Ada individu
yang bisa belajar baik pada sore hari, ada yang pada malam hari, dan ada yang
pagi hari. Dengan menetapkan waktu belajar tertentu dengan kondisi
masing-masing individu, akan terbentuk kebiasaan belajar dengan baik.
3. Bertanyalah pada diri sendiri
tentang pelajaran yang kamu anggap sukar dan pelajaran yang kamu anggap mudah.
Masing-masing orang berbeda dalam menentukan pelajaran yang sukar dan yang
mudah.
4. Pelajari lebih dahulu yang kamu
anggap sukar.
5. Mata pelajaran yang kamu anggap
sukar, hendaknya dipelajari lebih lama agar betul-betul kamu kuasai.
6. Berilah waktu yang cukup untuk
setiap mata pelajaran.
7. Buatlah satuan belajar selama satu
jam. Tidak ada pedoman yang pasti untuk menetapkan lama waktu belajar. Umumnya,
setiap babak waktu belajar antara 80 menit sampai 90 menit.
8. Ulangilah pelajaran yang baru saja
diberikan di kelas.
9. Pelajarilah setiap mata pelajaran
sesering mungkin.
10. Jangan menyia-nyiakan waktu luang.
11. Gantilah waktu belajar yang hilang.
2. Meyusun Jadwal Belajar
Waktu kamu
untuk belajar di rumah sangat terbatas, namun banyak pelajaran yang perlu kamu
pelajari dan banyak kegiatan belajar yang harus kamu selesaikan. Agar kamu
dapat membagi dan mennggunakan belajar dengan baik, kamu dapat membuat jadwal
belajar. Ada enam langkah yang perlu kamu lakukan berikut ini:
a. Catatlah semua pelajaran yang sudah
pasti.
b. Menentukan waktu untuk tidur.
c. Menentukan waktu makan, mandi,
berpakaian, berhias, dan lain-lain.
d. Menentukan waktu belajar kurang
lebih dua jam.
e. Menentukan waktu untuk kegiatan lain
seperti menonton televisi, mengembangkan kegemaran, dan rekreasi.
f. Gunakan hari minggu untuk kegiatan
selain belajar
Lampiran
2
Mengatur
Waktu
Tujuan :
1. Mengatur waktu yang efektif dan efisien dalam kegiatan sehari-hari.
2. Membuat jadwal kegiatan sehari-hari di rumah.
3. Siswa mampu mengatur kegiatan utama dan kegiatan selingan dalam kehidupan
sehar-hari.
Waktu : 30 menit
Jumlah Peserta : X
1
Bahan : 8 bola pingpong, 1 toples, beras secukupnya
Langkah Permainan :
1. Masukan bola pingpong ke dalam toples sebanyak 2 buah.
2. Kemudian diisi dengan butiran
beras
3. Isi lagi dengan bola pingpong kembali
4. Teruskan sampai toples terisi penuh tanpa ada beras yang tersisa
5. Usahakan sebelumnya siswa melakukan sendiri tanpa diberitahu caranya oleh
guru
6. Coba dengan cara lain, masukan beras terlebih dahulu kemudian bola
pingpong, apa yang terjadi? Butiran beras tidak akan masuk semuanya dan akan
ada sisa
Evaluasi dan Refleksi :
Permainan
analogi ini bisa dijelaskan sebagai berikut : toples adalah ibarat jumlah waktu
dalam sehari yaitu 24 jam, bola pingpong adalah kegiatan utama seperti,
belajar, sekolah, les, bimbingan belajar. Beras adalah kegiatan selingan
seperti, main ps, main komputer, ke warnet, buka internet, ekskul, nonton tv.
Apabila kita memasukan beras terlebih dahulu lalu bola pinpong maka toples
tidak akan bisa ditutup, tapi apabila kita memasukan bola terlebih dahulu maka
toples akan bisa ditutup. Dengan demikian dalam kegiatan sehari-hari kita harus
mengerjakan kegiatan yang utama terlebih dahulu kemudian diisi dengan kegiatan
selingan sehingga kita dapat memanfaatkan waktu dengan baik.
Lampiran 3
Pedoman
Diskusi Kelompok
1. Apa yang kamu peroleh dari permainan “Mengatur waktu”?
2. Apa yang membuat kamu berhasil dalam permainan ini? (diisi oleh yang berhasil)
3. Apa yang membuat kamu tidak bisa berkonsentrasi? (diisi oleh yang belum berhasil)
4. Bagaimana perasaanmu mengikuti permainan ini?
Lampiran 4
Pedoman Observasi
Aspek yang diamati Jumlah
Aspek yang diamati
|
Jumlah dalam prosentase
|
1.
Siswa yang memperhatikan
saat materi disampaikan
|
25%
|
2.
Siswa yang bertanya
|
17%
|
3.
Siswa yang tidak mampu
menjelaskan pedoman permainan
|
17%
|
4.
Siswa yang antusias mengikuti
permainan
|
8%
|
5.
Siswa yang berpartisipasi
dalam diskusi kelompok
|
12%
|
6.
Antusias siswa dalam
menyampaikan hasil diskusi
|
20%
|
7.
Siswa yang belum berhasil
dalam melakukan pemainan
|
1%
|
Hasil
observasi terhadap siswa menurut pedoman observasi dalam jumlah prosentase
adalah sebagian besar siswa aktif dalam kelompoknya
Laporan
pelaksanaan layanan bimbingan belajar
Judul/Spesifikasi Layanan : Mengatur waktu
belajar
Kelas : X 1
Waktu Pelaksanaan : Senin, 12 Maret 2012
Hasil :
Kelas : X 1
Waktu Pelaksanaan : Senin, 12 Maret 2012
Hasil :
·
Kegiatan awal : Guru mengucap salam dan
memeriksa kondisi kelas
·
Kegiatan inti : Menginformasikan materi dan
tujuan kepada siswa
·
Kegiatan akhir : Guru pembimbing meminta siswa
menyampaikan manfaat dari penyampaian materi.
bagus..sudah saya nilai
BalasHapusbagus terimakasih
BalasHapus