Senin, 12 Maret 2012

Satuan Layanan Bimbingan Belajar



SATUAN LAYANAN
BIMBINGAN KONSELING

Kelas                                      :          X 1 SMA
Semester/Tahun                       :          II / 2011-2012
Hari/tanggal                             :          Senin, 12 Maret 2012
Alokasi waktu                         :          1 x 45 menit
Tempat                                    :          Ruang kelas
Layanan                                  :           Bimbingan belajar
Bidang                                     :           Bimbingan pribadi dan sosial
Judul/Spesifikasi Layanan         :           Belajar yang efektif
Fungsi Layanan                        :           Pemahaman dan pengembangan
A.    Tujuan (Khusus)           :           Siswa diharapkan bisa menerapkan cara belajar
yang efektif.
B.     Materi                          :           Terlampir                                
C.     Metode                        :           Dinamika kelompok, diskusi
D.    Kegiatan awal               :           Mengucapkan salam, mengabsen, dan guru
menciptakan kelas secara kondusif.
Kegiatan Inti
         Eksplorasi              :
1.      Guru memberikan penjelasan tentang belajar yang efektif
2.      Guru menjelaskan pedoman permainan “mengatur waktu”
         Elaborasi                :
1.      Guru membentuk siswa dalam kelompok
2.     Siswa mengikuti pedoman permainan dan melaksanakan kegiatan permainan
Konfirmasi              :
1.   Guru memberikan pedoman diskusi tentang permainan yang telah dilaksanakan
Siswa mempresentasikan hasil diskusi
Akhir                               :
1.      Guru memberikan kesimpulan dari hasil diskusi siswa.
2.      Guru memberikan harapan terhadap materi layanan yang telah diberikan
E.       Alat dan media              :          Kertas, pulpen, LCD, Laptop
F.      Rencana penilaian dan
tindak lanjut                    :
Penilaian proses
            Mengamati perhatian, respon dan aktivitas siswa saat kegiatan layanan berlangsung.
Penilaian hasil                  :
·         Laiseg
Memberikan pertanyaan kepada siswa secara acak
·         Laijapen
Memantau Perubahan siswa 1 minggu setelah mendapat materi dari guru pembimbing
·         Laijapang
Perubahan sikap siswa selama 1 bulan setelah mendapat materi dari guru pembimbing
                        Tindak lanjut                :          
G.    Biaya                           :           Rp 3.000,- untuk kertas hvs
H.    Sumber                        :           http://whynasblog.blogspot.com/2010/07/cara-mengatur-waktu-belajar-secara.html



Mengetahui                                                                             Temanggung, 12 Maret 2012
Kepala Sekolah                                                                           Penyelenggara Layanan



                                                                          (Ema Rahmawati)
                                                                          132010075






Lampiran 1
CARA MENGATUR WAKTU BELAJAR SECARA EFISIEN 
1.      Petunjuk Menyusun Waktu Belajar Secara Efisien
Agar kamu dapat menggunakan waktu belajar secara efisien, kamu dapat mengikuti petunjuk di bawah ini!

1.   Susunlah daftar kegiatan belajar kamu. Kamu dapat menentukan kegiatan-kegiatan yang akan kamu lakukan pada hari itu. Kegiatan tersebut mencakup kegiatan sekolah pada hari itu terutama tugas-tugas yang harus diselesaikan di rumah dan kegiatan belajar lainnya. Jenis kegiatan belajar di rumah mencakup kegiatan mengerjakan tugas sekolah dan kegiatan belajar di rumah, yaitu mempelajari buku paket, menghafal buku pelajaran, mengerjakan pekerjaan rumah, memindah catatan, membuat ringkasan bahan pelajaran, mempersiapkan diri menghadapi ulangan, dan lain-lain. Setelah kamu menentukan jenis kegiatan belajar, selanjutnya kamu menentukan prioritas pelaksanaannya. Dari kegiatan terpenting berturut-turut sampai yang kurang penting.
2.  Menetapkan waktu belajar. Masing-masing individu mempunyai kebiasaan belajar yang berbeda. Ada individu yang bisa belajar baik pada sore hari, ada yang pada malam hari, dan ada yang pagi hari. Dengan menetapkan waktu belajar tertentu dengan kondisi masing-masing individu, akan terbentuk kebiasaan belajar dengan baik.
3.     Bertanyalah pada diri sendiri tentang pelajaran yang kamu anggap sukar dan pelajaran yang kamu anggap mudah. Masing-masing orang berbeda dalam menentukan pelajaran yang sukar dan yang mudah.
4.      Pelajari lebih dahulu yang kamu anggap sukar.
5.   Mata pelajaran yang kamu anggap sukar, hendaknya dipelajari lebih lama agar betul-betul kamu kuasai.
6.      Berilah waktu yang cukup untuk setiap mata pelajaran.
7.    Buatlah satuan belajar selama satu jam. Tidak ada pedoman yang pasti untuk menetapkan lama waktu belajar. Umumnya, setiap babak waktu belajar antara 80 menit sampai 90 menit.
8.      Ulangilah pelajaran yang baru saja diberikan di kelas.
9.      Pelajarilah setiap mata pelajaran sesering mungkin.
10.  Jangan menyia-nyiakan waktu luang.
11.  Gantilah waktu belajar yang hilang.

2.      Meyusun Jadwal Belajar
Waktu kamu untuk belajar di rumah sangat terbatas, namun banyak pelajaran yang perlu kamu pelajari dan banyak kegiatan belajar yang harus kamu selesaikan. Agar kamu dapat membagi dan mennggunakan belajar dengan baik, kamu dapat membuat jadwal belajar. Ada enam langkah yang perlu kamu lakukan berikut ini:

a.       Catatlah semua pelajaran yang sudah pasti.
b.      Menentukan waktu untuk tidur.
c.       Menentukan waktu makan, mandi, berpakaian, berhias, dan lain-lain.
d.      Menentukan waktu belajar kurang lebih dua jam.
e.       Menentukan waktu untuk kegiatan lain seperti menonton televisi, mengembangkan kegemaran, dan rekreasi.
f.       Gunakan hari minggu untuk kegiatan selain belajar







Lampiran 2
Mengatur Waktu

Tujuan                         :          
1.      Mengatur waktu yang efektif dan efisien dalam kegiatan sehari-hari.
2.      Membuat jadwal kegiatan sehari-hari di rumah.
3.      Siswa mampu mengatur kegiatan utama dan kegiatan selingan dalam kehidupan sehar-hari.

Waktu                        :           30 menit
Jumlah Peserta            :           X 1
Bahan                         :           8 bola pingpong, 1 toples, beras secukupnya
Langkah Permainan     :
1.      Masukan bola pingpong ke dalam toples sebanyak 2 buah.
2.       Kemudian diisi dengan butiran beras
3.      Isi lagi dengan bola pingpong kembali
4.      Teruskan sampai toples terisi penuh tanpa ada beras yang tersisa
5.      Usahakan sebelumnya siswa melakukan sendiri tanpa diberitahu caranya oleh guru
6.      Coba dengan cara lain, masukan beras terlebih dahulu kemudian bola pingpong, apa yang terjadi? Butiran beras tidak akan masuk semuanya dan akan ada sisa

Evaluasi dan Refleksi :
Permainan analogi ini bisa dijelaskan sebagai berikut : toples adalah ibarat jumlah waktu dalam sehari yaitu 24 jam, bola pingpong adalah kegiatan utama seperti, belajar, sekolah, les, bimbingan belajar. Beras adalah kegiatan selingan seperti, main ps, main komputer, ke warnet, buka internet, ekskul, nonton tv. Apabila kita memasukan beras terlebih dahulu lalu bola pinpong maka toples tidak akan bisa ditutup, tapi apabila kita memasukan bola terlebih dahulu maka toples akan bisa ditutup. Dengan demikian dalam kegiatan sehari-hari kita harus mengerjakan kegiatan yang utama terlebih dahulu kemudian diisi dengan kegiatan selingan sehingga kita dapat memanfaatkan waktu dengan baik.





Lampiran 3
Pedoman Diskusi Kelompok

1. Apa yang kamu peroleh dari permainan “Mengatur waktu”?
2. Apa yang membuat kamu berhasil dalam permainan ini? (diisi oleh yang berhasil)
3. Apa yang membuat kamu tidak bisa berkonsentrasi? (diisi oleh yang belum berhasil)
4. Bagaimana perasaanmu mengikuti permainan ini?

 



Lampiran 4

Pedoman Observasi

Aspek yang diamati Jumlah

Aspek yang diamati
Jumlah dalam prosentase
1.      Siswa yang memperhatikan saat materi disampaikan
25%
2.      Siswa yang bertanya
17%
3.      Siswa yang tidak mampu menjelaskan pedoman permainan
17%
4.      Siswa yang antusias mengikuti permainan
8%
5.      Siswa yang berpartisipasi dalam diskusi kelompok
12%
6.      Antusias siswa dalam menyampaikan hasil diskusi
20%
7.      Siswa yang belum berhasil dalam melakukan pemainan
1%

Hasil observasi terhadap siswa menurut pedoman observasi dalam jumlah prosentase adalah sebagian besar siswa aktif dalam kelompoknya




Laporan pelaksanaan layanan bimbingan belajar

Judul/Spesifikasi Layanan      :           Mengatur waktu belajar
Kelas                                       :           X 1
Waktu Pelaksanaan                 :           Senin, 12 Maret 2012
Hasil                                        :
·         Kegiatan awal                         :           Guru mengucap salam dan
memeriksa kondisi kelas
·         Kegiatan inti                            :           Menginformasikan materi dan
tujuan kepada siswa
·         Kegiatan akhir                         :           Guru pembimbing meminta siswa
menyampaikan manfaat dari penyampaian materi.

2 komentar: